Senin, 21 Juli 2008

Jalan Hidup

Hidup adalah sebuah pilihan. Bagaimana seseorang menentukan apakah ia ingin jalan ke kanan atau ke kiri, bagaimana ia memanfaatkan waktu istirahatnya dengan tidur atau membaca adalah soal pilihan.

Hari ini aku memilih mencuci dengan tangan daripada memakai mesin cuci. Mungkin bagi sebagian orang mencuci dengan tangan adalah hal biasa, tidak ada istimewanya. Tapi bagiku, yang baru terbiasa mencuci saat awal kuliah , ini adalah hal yang istimewa.

Ada dua orang yang bertanya kepadaku dengan nada heran. Mengapa aku tidak menggunakan mesin cuci saja. pada budheku kujawab "Ah, sambil olahraga saja", dan pada adikku kujawab "Ah, tidak apa-apa."

Aku berpikir, hidup ini tidaklah stagnan. Roda akan terus berputar seiring berjalannya waktu. Sekarang ini aku bisa hidup enak, tinggal di sebuah keluarga yang berkecukupan, hampir tidak pernah mengeluhkan masalah keuangan. Apa yang kuinginkan pasti terpenuhi, kalau tidak hari ini ya besok.
Tapi siapa sangka kalau tiba-tiba keadaanku berubah. Seperti misalnya aku punya suami yang belum mapan secara ekonomi. Bukannya aku pesimis, tapi semuanya bisa saja terjadi. bagaimana nanti kalau suamiku tidak bisa membelikan aku mesin cuci, kompor gas, atau bahkan televisi sekalipun. Mau tidak mau aku pun harus hidup "prihatin" , bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Mana mungkin aku membebani suamiku dengan permintaan yang macam-macam.
Karena itulah mulai detik ini aku memilih jalanku sendiri. Dari seorang gadis yang bergaya "ok putri" menjadi seseorang yang mandiri.

Ternyata mencuci baju sendiri itu menyenagkan. Aku menikmati setiap tetesan air yang membasahi tanganku. Begitu menyegarkan. Seperti itu pula aku ingin menikmati jerih payahku sendiri dari setiap tetesan keringatku. Aku ingin bekerja sendiri. Memulai usaha dari nol dan tidak lagi bergantung pada pemberian orang tua. Hingga suatu hari nanti aku berharap akan memetik hasilnya sendiri dengan perasaan bangga dan bahagia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

survival for the fittest.....