Rabu, 15 September 2010

human mind is very subtle

Di dunia ini tidak ada sesuatu pun yang bersifat kebetulan. Kebetulan hanyalah kata yang dibuat manusia untuk menyatakan kekaguman pada sesuatu yang telah terancang apik yang tidak pernah disadarinya. Hidup seperti menyusun puzzle pada mozaik. Dan rupanya sebuah puzzle kutemukan di dalm blog Arundati.

Jika alam adalah sebuah teka-teki, maka alam pulalah yang akan menentukan jawabannya. manusia hanya mencoba, mereka-reka. dari sains, antropologi, psikologi, bahkan sastra . dari satu sudut ke sudut lain. mengalihkan pandangan. paradigma. logika.

sesungguhnya pikiran manusia sangatlah sulit ditebak. ia dapat beralih, melompat, terbang dalam khayalan sebebas burung. tapi ia juga bisa mandeg tanpa bisa bergerak kemana-mana.

human mind is very subtle. hanyalah interpretasi. terkaan dari sebuah "pesan rahasia" dari blog arundati.

Ikan tak dapat bergerak dalam sungai yang membeku atau berenang dalam kabut pagi… Akar tak dapat menembus batu yang padat atau bertahan di pasir yang tertiup angin…


ada persamaan subjek antara ikan dan akar. aku melihat, sesungguhnya ikan dan akar melambangkan satu hal. "sesuatu yang tak dapat bergerak di tempat yang beku dan bernenang di kabut pagi. sesuatu yang tidak dapat menembus batu yang padat atau bertahan di pasir yang tertiup angin. ada "sesuatu" yang disimbolkan melalui perlambangan ikan dan akar. Pikiran manusia, tidak akan bergerak di tempat yang beku. karena jika manusia berada dalam titik jenuh dan bosan, ia tidak akan bisa menggali ide-ide dalam pikirannya. tidak bisa menghasilkan sebuah karya. Pun jika ia berada di suatu keadaan yang tidak stabil, pikiran manusia akan mudah goyah. Ia bahkan tidak bisa mengambil sebuah keputusan.
Lalu siapakah yang menentukan kestabilan pikiran? dia lah hati. Akar tidak akan bisa menembus batu yang padat. pikiran tidak akan bisa bergerak dalam hati yang keras. pun tidak akan bisa bertahan di dalam hati yang goyah.

kestabilan pikiran dan hati... kestabilan alam... kestabilan kosmos...

semoga bisa menjawab teka teki ini...

8 komentar:

'Ne mengatakan...

salam..
bagus juga interpretasinya :-)
dan semoga berhasil atas kontesnya ya mbak :-D

Nandini mengatakan...

selamat sore aini..
artikelnya sudah dicatat sebagai peserta yaa..
terima kasih atas partisipasinya di Pesan Rahasia Arundati.. :)

ria mengatakan...

wuih pinternya mbakku
setuju banget mbak.
supaya batunya menghambat akar, jadi batunya harus dihancurin dulu ya mbak. Kalo ikan gak bisa berenang di air yang membeku, ikannya ditangkap aja trus kita bakar, kita makan bareng. hahaha becanda ya mbk.

i got it.

Bangauputih mengatakan...

selamat yah mba...atas kemenangannya di "pesan rahasia" milik mba nandini
salam kenal dari bangauputih
:-)

schizoprenic girl mengatakan...

@all: alhamdulillah.. semua berkat dukungan dari kalian semua
@bangauputih: salamkenaljuga. nice to meet you:)

TRIMATRA mengatakan...

semoga sukses dengan evennya,,,

mbah jiwo mengatakan...

yak, mbok jum juga ikut kontesnya nandini wehehehe...

schizoprenic girl mengatakan...

@mbah jiwo: alhamdulillah mbah, I got the prize:)