Senin, 08 September 2008

The Secret, Rahasia


Aku tidak tahu, apakah semua orang telah mengetahui Rahasia ini. Atau mungkin mereka tahu, tapi tidak menyadarinya. Rhonda Byrne, seorang penulis, telah mengungkapkan Rahasia itu kepada dunia dalam sebuah bukunya " The Secret". Setelah membaca buku ini, aku menemukan sebuah jawaban dari pertanyaan besarku selama ini. Apakah sebenarnya pusat dari kehidupan ini? Dan jawabannya adalah " dirimu sendiri". Semuanya berawal dari pikiran, persepsi. Ia punya andil dalam menentukan langkah hidup manusia.
Setiap orang melangkah, menjalani hidup berdasarkan persepsinya sendiri. Persepsinya tentang keindahan, ketulusan, persepsinya tentang Semesta. Apa pun yang dia pikirkan tentang Semesta, maka Semesta memberikan timbal balik yang sama.
Hukum Tarik Menarik. apa yang kau persepsikan, adalah apa yang kau dapatkan.

Menurut Einstein, waktu adalah ilusi. Masa lalu dan masa depan adalah cerminan hidupmu masa kini. Apa jadinya dirimu sekarang adalah buah dari tingkah polah masa lalumu. Sedangkan masa depan adalah capaian yang telah kau peroleh di masa kini.

Karena itu lah penting bagi kita untuk mengendalikan apa yang disebut "pikiran". Jika kau berpikir bahwa kuliah itu susah, maka kau akan mengalami banyak kesulitan selama kuliah. Begitu pun sebaliknya jika kau berpikir bahwa kuliah itu menyenangkan, maka kau akan mengalami banyak hal-hal yang indah selama kuliah. Tanpa kusadari, aku telah mencoba hal ini sejak lama. Pada semester tiga, aku men-setting pikiranku untuk mencapai IP 3,5. Saat itu aku sekedar menebak "paling-paling semester ini IP ku minimal 3,5. Dan ternyata pada akhir semester aku meraih IP sama persis seperti apa yang aku pikirkan. Semester berikutnya, aku men-setting "pikiranku" untuk meraih IP lebih dari 3,5. Dan ternyata aku bisa meraih IP 3,81.
Selama hidup, aku telah terbiasa melakukan hal ini. Tanpa sadar aku telah menemukan bahkan mempraktekkan apa yang disebut "Rhonda Byrne" dalam bukunya, The Secret.

Terlepas dari apakah orang mengetahui Rahasia ini atau tidak, menurut pendapatku sebenarnya Rahasia ini telah terkuak dalam sebuah kitab suci umat Islam, Al Qur'an. Bukankah dalam Al Qur'an dinyatakan bahwa " Allah menurut persangkaan hamba-Nya". Jika kau berpikir positif pada Allah, maka kebaikanlah yang kau dapatkan. Bukankah Islam mengajarkan untuk selalu berbaik sangka? Bahkan dalam Islam su'udzon atau prasangka buruk adalah dosa. Kita umat Islam diajarkan untuk bersikap untuk optimis, dan diharamkan untuk berputus asa.

Jadi, menurut pendapatku The Secret itu sebenarnya bukanlah Rahasia. Ia menjadi Rahasia karena banyak orang yang tidak menyadarinya. Mereka tahu, tapi mengacuhkannya.

Sebagai orang yang berpredikat seorang "muslim". mestinya dia lebih tahu bagaimana menggunakan dan mengendalikan "rahasia" ini sebaik mungkin. hingga akhirnya ia memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari Rahasia ini.

1 komentar:

ieroel mengatakan...

Ya, sebuah rahasia yang tidak banyak yang menyadarinya sampai sekarang. Dan bahkan sampai tahun-tahun mendatang.

"Semua terjadi bukan tanpa sebab"