Senin, 01 September 2008

Selamat Datang Ospek, Selamat Datang Maba


Ospek atau yang sekarang disebut PKK Maba adalah ucapan "selamat datang" kepada mahasiswa yang baru menempati tahun pertamanya di Universitas Brawijaya. Ospek kali ini menorehkan fenomena yang agak lain di Brawijaya. SK rektor menyatakan adanya penghapusan konsep DISMA ( Disiplin Mahasiswa) dan konsep perploncoan. Bagi panitia PKK Maba Program Bahasa dan Sastra, SK rektor diaplikasikan dengan cukup baik. Untuk mendisiplinkan Maba, mereka membentuk Tim Lapangan yang fungsinya untuk menertibkan mahasiswa. Tentu saja, fenomena "bentak-membentak" masih terlihat di PKK Maba tahun ini. Akan sangat sulit jika Tim Lapangan dilarang membentak. Hal itu disebabkan masih banyak mahasiswa baru yang tidak disiplin, misalnya datang terlambat dan tidak menyelesaikan tugas yang diberikan. Untuk tahun ini, tugas-tugas yang diberikan cukup mendidik. Misalnya membuat essay tentang tokoh-tokoh sastrawan dan mendaur ulang barang bekas. Kepanitian PKK Maba 2008 ini cukup sukses, karena Bastra mendapatkan pujian dari PR 3 saat beliau melihat para maba berkreasi dengan barang bekas.

Dalam kepanitiaan ini, aku berperan sebagai pendamping kelompok Gustave Flaubert. Mereka anak-anak yang cukup aktif lho... bahkan mereka mendapatkan dua penghargaan. Sebagai kelompok "terpelit" dan sebagai kelompok "terkompak".

PKK Maba ini adalah awal dari pengenalan para mahasiswa baru di dunia kampus. Bahwa kehidupan kampus selanjutnya lebih keras dan menantang adalah hal yang tidak bisa dipungkiri para mahasiswa. Dimana kita sebagai mahasiswa dituntut untuk hidup mandiri dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan tanpa banyak bantuan dari orang tua.

Hidup adalah soal pilihan. Tak terkecuali kehidupan kampus. Apakah kita ingin menjadi mahasiswa yang "sambil lalu saja" easy come,easy go tanpa menorehkan catatan sejarah apa pun di kampus, tanpa meninggalkan jejak kebaikan di kampus adalah juga soal pilihan.

So, buat para mahasiswa baru khususnya Program Bahasa dan Sastra Universitas Brawijaya, manfaatkanlah masa studi kalian di kampus ini. Ikutilah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Banyak sekali hal-hal yang akan kalian peroleh. Then, the last but not least...... Welcome In The Jungle. Survival For The Fittest!!!!

2 komentar:

ieroel mengatakan...

Parameter kesuksesan PKKMaba koq pujian PR 3? Berarti fakultas lain yang gak dapet pujian dari PR 3 gak sukses dong?!

Hidup memang kumpulan dari sederet pilihan-pilihan. Bahkan, saat tidak memilih sekalipun, adalah juga salah satu pilihan dalam hidup.

schizoprenic girl mengatakan...

bukan maksud hati menyatakan bahwa parameter kesuksesan adalah pujian dari PR3. hanya ingin memberikan apresiasi kepada bastra, yang telah berhasil merancang acara PK2 maba meskipun hanya sekitar 2 minggu persiapan